Saturday, July 16, 2011

Bekal Untuk Jamming (by_kimzigr_N4)




BISSMILLAH...
Ulasan tips gitar pertama saya disini, kalo dulu dengan Blog yang  pertama gigulabz.blogspot.com. sekarang saya coba di blog baru saya ini. ini adalah uraian beberapa tehnik penting dalam permainan gitar supaya kamu lebih siap untuk terlibat dalam sebuah jamming. di antarnay tehnik tersebut adalah Dibrato, Bending, Harmonic, Whammybar dan Dynamic. penjelasanya begini:


VIBRATO
Vibrato merupakan salah satu alat untuk mengekspresikan perasaan saat bermain gitar. tapi sebenarnya, vibrato itu sendiri terdiri atsa beberapa bentuk. salah satunya, km menekan sebuah not (pada senar gitar) dengan telunjuk dan tahan selama beberapa menit. semakin lama kamu menahanya maka akan mengakibatkan efek vibrato yang bergerak semakin cepat dan brutal. Selain itu dengan nuansa lain, kamu dapat mengetarkan jari teunjuk kamu, naik turun ato kesamping dan kekiri, untuk karakter vibrat pada tehnik kesamping dan kekiri. Usahakan intonasi yang kamu mainkan terdengar jelas dan jangan sampai jari kamu melenceng dan selip dari senar. Cobalah berbagai ekpresi saat-

menahan senarnya agar kamu bisa mendapatkan "jeritan" yang kamu inginkan. Jika kamu sudah cukup mahir melakukannya, cobalah menggunakan jari yang lain. setelah itu, coba pula melakukannya memencet dua not sekaligus, lalu tiga, empat dan terserah kamu hahahah... beberapa gitaris juga senang melakukan tehnik vibrato pada not yang sedang di bending. kamu pun bisa mencobanya. pokoknya lakukan semaksimal mungkin, setiap jari pada setiap fret dan not tak ada salahnya di coba. Pada akhirnya saat kamu pindah ke fret yang lebih tinggi - misalnya di atas fret ke-12, kamu akan merasa tegangan senar makin mempersulit kemampuan kamu untuk melakukan tehnik vibrato.
BENDING
Tehnik ini merupakan cara berekspresi dengan gitar yang di anggap paling total dan mampu menerjemahkan perasaan sipemain gitar secara lebih luwes. Jika kamu melakukan tehnik ini dengan baik, berarti kamu punya kontrol yang baik terhadap instrumen kamu. Cobalah manfaatkan waktu sekitar 1jam atau lebih untuk melatih tehnik bending. Ingat kamu harus benar-benar konsentrasi pada nada yang kamu mainkan. Harus benar-benar In-tune dan sempurna. ato kamu bisa berdiskusi dengan pemain Bioala, Trombon atau pemain gitar slide, bagaimana mereka melatih ketepatan mengambil nada yang sempurna. Tahap selanjutnya, saatkamu semakin lihai mem-bending satu not, cobalah melakukan tehnik tersebut pada dua not/senar sekaligus.lalu perbnyak bariasinya. Misalnya arah bendingnya dari atas kebawah atau sebaliknya. Atau coba pula memainkan secara bersamaan senar yang dibending dengan senar yang tidak di bending. hmmm.... gimana? mungkin segitu dulu (bersambung ya) ^_^"